Profil Perusahaan Hubungi via Telepon, Fax, BBM Pin Hubungi kami, help@pelangi-properti.com Facebook Fanspage Twitter fanspage Instagram

Artikel, Pelangi Properti.

13 August, 2014

Pemeliharaan Pagar Besi Yang Mulai Berkarat

Cara Cat Pagar Berkarat

 

Mengecat merupakan salah satu pekerjaan yang paling sering dilakukan, pada saat mulai memasuki bulan suci Ramadhan, memperingati Hari Kemerdekaan ataupun Natal dan Tahun Baru, semua ingin merasakan serba baru,bahkan rumahpun tidak lepas dari tradisi ini. Salah satunya pagar, Pagar adalah sasaran utama untuk pengecatan, dikarenakan letak posisi sebuah pagar sangat mencolok berada pada bagian paling depan rumah Anda, seakan-akan mampu mewakili kondisi semua sudut sekitar rumah Anda. Maka dari itu pagar menjadi suatu hal prioritas utama saat melakukan pengecatan. Dalam suatu pengecatan pagar pasti memiliki kesulitan tersendiri, dikarenakan langsung bersentuhan dengan cuaca dan iklim sekitar. Rata-rata pagar memiliki bidang yang cukup sulit saat pengecatan seperti pagar besi yang bidang permukaannya cukup licin.

Seperti apakah cara merawat dan teknik pengecatan pada pagar besi yang benar dan tahan lama serta terhindar dari karat?

Menghilangkan karat pada pagar rumah

Hal yang paling utama adalah, pastikan besi pagar rumah Anda siap menerima cat primer dan cat besi. Gosoklah area pagar besi yang berkarat dengan amplas kasar, apabila karat tersebut sudah menggumpal tebal, anda bisa menggunakan sikat kawat untuk menghilangkannya. Setelah bagian karat yang tebal tersebut menghilang, gosoklah dengan amplas yang halus untuk meratakan pori-pori sisa karat yang telah digosok di awal pada pagar besi. Namun apabila bekas karat menimbulkan retak atau membentuk seperti pori-pori lebar, bisa Anda dempul dan Anda amplas halus sesuai seperti sediakala, Kemudian, jika sudah selesai dalam pengamplasan secara keseluruhan, lembabkan pagar dengan mineral spirits ( sejenis tener yang tak berbau ), dan mulailah menghapus sisa karat yang tersisa, jangan lupa sebelum melakukan penggosokan dan melakukan pelembaban dengan cairan tersebut, gunakan sarung tangan karet untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

 Membersihkan pagar

Setelah menghilangkan karat dengan mineral spirits, zat tersebut masih dapat tertinggal pada di beberapa sebagian jenis cat besi yang masih menempel. Sebelum melakukan pengecatan, sebaiknya Anda mencuci pagar tersebut terlebih dahulu, siapkan sebuah ember dengan air panas dan sabun. Kemudian, gunakanlah lap yang telah direndam di ember tersebut untuk membersihkan pagar sambil menggosok-gosok di tiap bagian besi pagar. Lalu semprot pagar dengan air selang ( bilas ) sampai benar-benar bersih dan keringkan dengan lap yang menyerap lalu tunggu beberapa saat sampai sisa-sisa air yang ada mengering pada saat di anginkan.

 Pengecatan Pagar

Pada tahap ini, mulailah Anda melakukan proses pengecatan. Gunakan cat primer sebagai dasar lalu lapisi seluruh pagar Anda. Berikan waktu kurang lebih satu hari sampai cat primer mengering. Setelah cat primer mengering merata, lapisi dengan cat besi yang berkualitas. Tunggu hingga cat mengering, kemudian lapisi kembali dengan lapisan kedua hingga merata keseluruh permukaan pagar.

 Perawatan

Jika pengecatan sudah selesai semua, hal yang Anda lakukan berikutnya di kemudian hari adalah melakukan perawatan pada pagar.Hal yang perlu Anda lakukan adalah sebisa mungkin pagar rumah Anda tidak sering terkena gesekan keras, baik itu terkena kendaraan Anda ataupun barang-barang sekitar rumah Anda, bila pagar semakin hari semakin kotor dengan debu yang berasal dari jalan, sebaiknya Anda bersihkan dengan menggunakan air dan sabun agar noda-noda yang melekat pada pagar hilang, jangan sampai Anda membiarkan debu yang menempel dipagar rumah Anda menebal sebab, semakin lama akan semakin membuat pagar anda berkarat akibat air yang menyerap pada debu yang menempel tersebut sehingga menimbulkan plak karat.

 Dari beberapa penjelasan diatas sebaiknya anda menggunakan cat epoxy pada saat pengecatan, karena lebih tahan terhadap cuaca meski sedikit mahal namun ketahananya memang tidak diragukan lagi. Sedangkan bagi anda yang memiliki budget yang minim cat jenis sintetik juga bisa dijadikan pilihan meski tidak tahan lama namun cukup untuk mempercantik rumah dihari-hari besar tertentu ataupun persiapan lebaran.

 Demikianlah beberapa Tips Merawat Dan Teknik Pengecatan Pagar Besi Yang Mulai Berkarat yang bisa Anda jadikan referensi dalam menciptakan pagar yang bebas bersih dari karat sehingga memberikan nilai keindahan pada desain rumah Anda. Semoga bermanfaat.

Sumber : Realtyrumah

Kembali

Update halaman, tanggal : 15/11/15 01:44

STATISTIK PENGUNJUNG

KeteranganHari IniTotal

5,643,527

Pengunjung 328 88,641
Hits 3,105 5,643,527
Pengunjung online : 6

Otentifikasi :

User ID :
Password :

Partner Kami

Asia Jaya, All Yes Solution untuk perawatan & perbaikan fasilitas rumah
STATISTIK
Total Properti Online : 619

Tampilkan berdasarkan...
Copyright © 2018-2023. All right reserved by Pelangi Properti. Desain : Pelangi Properti, Online Content Production.